vaksinasi-pmk-di-desa-cikande-kecamatan-cikande-upaya-perlindungan-terhadap-kesehatan-sapi

Administrator

Vaksinasi PMK di Desa Cikande Kecamatan Cikande Upaya Perlindungan Terhadap Kesehatan Sapi

Desa Cikande, 8 Maret 2024 - Hari ini di Desa Cikande, Kecamatan Cikande Pemerintah Kabupaten Serang melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian kembali melaksanakan kegiatan Vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) terhadap ternak masyarakat secara gratis. Hal ini merupakan wujud komitmen dan perhatian Pemerintah Kabupaten Serang terhadap kesehatan hewan ternak pada umumnya, serta pencegahan dan pengendalian PMK di wilayah Kabupaten Serang pada khususnya. Kegiatan vaksinasi PMK gratis tersebut dilaksanakan secara kolaboratif antara Tim Petugas Vaksinasi dari UPT Puskeswan dan RPH Kabupaten Serang, Penyuluh Pertanian Kabupaten Serang serta Balai Pelayanan Pengujian Veteriner (Balai PPV) Dinas Pertanian Provinsi Banten.


Penyakit Kuku dan Mulut (PMK) merupakan salah satu Penyakit Hewan Menular Strategis (PHMS) yang dapat menyerang hewan ternak seperti sapi, kerbau, kambing dan domba. PMK memiliki sifat penularan yang tinggi dan dapat memberikan potensi kerugian ekonomi yang tinggi bagi peternak. Dalam kegiatan kali ini sebanyak 120 ekor sapi telah di Vaksin PMK. Diharapkan kegiatan vaksinasi PMK dapat memberikan perlindungan kepada hewan ternak di wilayah Kabupaten Serang sehingga mencegah peternak mengalami potensi kerugian ekonomi akibat PMK.

 

Kolaborasi antara Tim Vaksinasi dari UPTD Puskeswan dan RPH Kabupaten Serang dengan  Penyuluh Pertanian Kabupaten Serang serta Balai PPV Provinsi Banten merupakan bentuk sinergi, kerjasama yang kompak antar stake holder terkait. Kehadiran Penyuluh Pertanian Kabupaten Serang dan pendampingan dari Balai PPV Provinsi Banten dalam kegiatan vaksinasi ini sangat membantu UPTD Puskeswan dan RPH sehingga menjadi lebih efisien, efektif dan berkualitas. Harapannya kolaborasi yang baik ini dapat memberikan keyakinan kepada peternak bahwa vaksinasi yang dilaksanakan berkualitas dan aman.


Rencananya kegiatan Vaksinasi PMK Gratis ini akan terus dilaksanakan sepanjang tahun 2024 di seluruh kecamatan di wilayah Kabupaten Serang. Adanya kegiatan vaksinasi PMK diharapkan memberikan dampak positif bagi keberlangsungan sektor peternakan yang pada akhirnya mampu meningkatkan pendapatan masyarakat di Kabupaten Serang.