mengoptimalkan-ketahanan-pangan-melalui-kegiatan-lkba-di-kecamatan-padarincang-dilanjutkan-penanaman-dan-panen-cabai-bersama-gapoktan

Administrator

Mengoptimalkan Ketahanan Pangan melalui Kegiatan LKBA di Kecamatan Padarincang Dilanjutkan Penanaman dan Panen Cabai Bersama Gapoktan

Serang, 9 Agustus 2023 - Sukses meraih perhatian dalam upaya peningkatan ketahanan pangan, Kecamatan Padarincang kembali mengambil langkah progresif dengan menyelenggarakan Lomba Kampung Bersih dan Aman. Acara yang berlangsung di Kecamatan Padarincang ini juga menghadirkan aksi lanjutan dalam penanaman dan panen cabai bersama Kelompok Tani (Gapoktan), dengan kehormatan dihadiri oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Serang serta Penyuluh Kecamatan Padarincang.


Lomba Kampung Bersih dan Aman tidak hanya sekadar perlombaan, melainkan sebuah perwujudan nyata dari semangat gotong royong dan tanggung jawab bersama dalam menjaga lingkungan dan menciptakan kondisi aman bagi masyarakat. Kegiatan ini mengundang partisipasi aktif dari seluruh lapisan masyarakat, mulai dari pelajar, warga, hingga perwakilan organisasi masyarakat
setempat. Tujuan utamanya adalah menggerakkan kesadaran kolektif akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan demi kesehatan dan kenyamanan bersama.

Dalam konteks pembangunan pertanian yang berkelanjutan, Kegiatan Lomba Kampung Bersih dan Aman juga dilanjutkan dengan penanaman dan panen cabai oleh Gapoktan di BPP Padarincang. Hal ini mencerminkan komitmen kuat dalam merangkul aspek kebersihan dan keamanan sebagai bagian integral dari upaya meningkatkan ketahanan pangan. Ketua Gapoktan, menegaskan bahwa praktik pertanian yang berkelanjutan harus didukung oleh lingkungan yang bersih dan aman, sebagai prasyarat untuk mendapatkan hasil pertanian yang berkualitas.

Kehadiran Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Serang, dalam acara ini menunjukkan dukungan pemerintah terhadap inisiatif lokal yang berfokus pada ketahanan pangan dan keberlanjutan. Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Serang, menggarisbawahi pentingnya kerja sama lintas sektor dalam mencapai ketahanan pangan yang berkelanjutan. Ia juga menegaskan komitmen pemerintah untuk terus mendukung dan memfasilitasi program-program seperti LKBA guna mendorong pertumbuhan ekonomi lokal dan kesejahteraan petani.


Sementara itu, Penyuluh Kecamatan Padarincang memberikan panduan praktis tentang teknik bercocok tanam cabai yang optimal. Mulai dari persiapan lahan, pemilihan varietas unggul, pemupukan yang tepat, pengendalian hama dan penyakit, hingga tahapan panen yang optimal. Kehadiran penyuluh sebagai ujung tombak pengetahuan teknis memberikan dampak positif dalam peningkatan produksi dan kualitas hasil pertanian.

Dengan demikian, Kegiatan Lomba Kampung Bersih dan Aman di Kecamatan Padarincang pada tanggal 9 Agustus 2023 merupakan simbol nyata dari semangat masyarakat dalam membangun lingkungan yang bersih, aman, dan berkelanjutan. Dalam perpaduan dengan penanaman dan panen cabai bersama Gapoktan, acara ini mendorong konsep holistik yang menghubungkan pertanian, lingkungan, dan kesejahteraan masyarakat secara harmonis.