integrasi-usaha-ternak-domba-dengan-tanaman-jagung-dan-kedelai-di-kecamatan-anyar

Telematika

Integrasi Usaha Ternak Domba Dengan Tanaman Jagung dan Kedelai di Kecamatan Anyar

Kamis, 09 Februari 2023 Peninjauan ke kelompok tani Karya Tani Desa Mekar Sari Kecamatan Anyar yang telah berhasil mengintegrasikan usaha ternak domba dengan tanaman jagung dan kedelai. Limbah pertanian berupa biomassa jagung dan kedelai di olah melalui sistem fermentasi menjadi pakan ternak yang bergizi dan memliki palatabilitas (rasa) yang lezat bagi ternak. Juga dilakukan pengolahan pakan konsentrat (penguat) yang berasal dedak padi, onggok, molases, jagung pipil, polard dan green concentrate (indigofera). Hasil pengolahan pakan tersebut sudah menunjukan hasil yang memuaskan dilihat dari perkembangan berat badan ternak di kelompok dan semakin meningkat pembelian kelompok atau peternak peseorangan dari daerah lain.

Kotoran dan air kencing ternak di olah dan dimanfaatkan menjadi kompos dan di gunakan menjadi pupuk tanaman pangan dan hortikultura. Hal tersebut di akui oleh kelompok menjadi salah satu solusi mengatasi kelangkaan pupuk kimia dan perbaikan struktur tanah


Pada kesempatan ini Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian berencana mendorong pengembangan integrasi ini agar bisa di terapkan di wilayah lain.