dinas-pertanian-kabupaten-serang-targetkan-buka-500-ha-lahan-pengembangan-kedelai

Administrator

Dinas Pertanian Kabupaten Serang Targetkan Buka 500 Ha Lahan Pengembangan Kedelai

Jumat, 30 September 2022


Dinas Pertanian Kabupaten Serang bersama dengan Bupati Serang menggelar Rapat Koordinasi Pengembangan Kedelai di Kabupaten Serang. Rapat dilaksanakan di Pendopo Bupati Serang. Dinas Pertanian Kabupaten Serang juga mengundang beberapa pihak yang akan berkaitan dalam rangka mendukung pengembangan ini. Diantaranya,  Bidang AKABI Kementerian Pertanian RI, FKDB Bidang Pertanian, Dinas Pertanian Provinsi, BPTP, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, Bidang Ekonomi BAPPEDA, Camat daerah terkait, Penyuluh dan Petani.

Dari hasil Rapat Koordinasi tersebut, ditargetkan Kabupaten Serang mampu membuka 500 Ha lahan pengembangan kedelai yang terbagi menjadi 6 Kecamatan. Kecamatan Cinangka dengan lahan pemekaran seluas 130 Ha, Kecamatan Padarincang, Mancak, Ciomas dan Pabuaran dengan lahan pemekaran masing-masing seluas 75 Ha, dan Kecamatan  Anyer dengan lahan pemekaran seluas 70 Ha.



Drs. H. Pandji Tirtayasa M.Si selaku Wakil Bupati Serang menuturkan "Dalam pengembangan kedelai ini, masing-masing pihak perlu melakukan analisis usaha, agar tidak terjadi kegagalan dengan memperhatikan beberapa faktor; kualitas benih, lahan yang digunakan dan pola pascapanen".

Bupati Serang Hj. Ratu Tatu Chasanah SE., M.Ak ikut mendukung pengembangan ini "Dinas Pertanian Kabupaten Serang, perlu segera menetapkan SK CPCL dari masing-masing kecamatan agar segera diproses. Masing-masing camat dan penyuluh pertanian harus melakukan koordinasi dan identifikasi lahan sesuai target. Tidak hanya itu Pemerintah Kabupaten Serang akan berupaya bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Banten agar ikut mendukung dalam pengembangan komoditas Kedelai ini." Tutur beliau.

Pengembangan komoditas kedelai, diharapkan mampu membawa angin segar untuk menekan tingkat impor kedelai. Dengan adanya pengembangan ini diharapkan petani juga termotivasi dalam melakukan pembudidayaan. Kepastian pasar menjadi kunci keberlanjutan dari pengembangan kedelai ini sehingga Dinas Pertanian Kabupaten Serang, tidak hanya fokus pada pemekaran lahan saja, akan tetapi juga memperhatikan penanganan pascapanen  dari pengembangan ini.