capai-rp-4500-kg-panen-raya-jagung-hibrida-di-tunjung-teja-menguntungkan

Administrator

Capai Rp 4.500,-/kg, Panen Raya Jagung Hibrida di Tunjung Teja Menguntungkan!

Kamis, 15 September 2022 

Dinas Pertanian Kabupaten Serang melakukan Kegiatan Panen Jagung Hibrida bersama Poktan Tunas Tani 8 pada lahan seluas 0.2 Ha, di Desa Bojong Menteng Kecamatan Tunjung Teja, dengan hasil panen ubinan seluas 2.5 meter x 2.5 meter bonggol basah sebesar 12.5 kg . Estimasi kotor yang di panen dalam lahan seluas 0.2 Ha tersebut adalah 3 ton bonggol basah.

Bapak Artha selaku Ketua Poktan Tunas Tani 8 menuturkan bahwa "Ini kali pertama menanam jagung hibrida, dan ternyata hasilnya menguntungkan harga per kg mencapai Rp 4.500 sementara untuk mengembalikan modal dan biaya operasional rata-rata dikisaran Rp 3.000."

"Saya berharap adanya support tambahan dari Dinas Pertanian terkait mesin pipil, alat semprot dan alat pengolah tanah. Karena saat ini saya masih menggunakan alat manual. Dengan adanya support ini, saya siap memperluas lahan tanam terkhusus untuk jagung hibrida." Tututnya

Jagung hibrida biasanya dijadikan pakan ternak, yang dijual dalam bentuk pipilan. Melihat potensi yang ada, Dinas Pertanian Kabupaten Serang yakin pengembangan komoditas ini akan membawa dampak ekonomi yang menguntungkan untuk petani.